Ini 5 Situs Penyedia Jurnal Ilmiah GRATIS

moraref

Tampilan Situs Penyedia Tulisan Ilmiah

Mau membaca jurnal nasional secara online?. Atau mau mencoba menulis tulisan ilmiah?. Ini 5 situs penyedia tulisan ilmiah yang wajib kamu kunjungi. Terlebih bagi mahasiswa yang sedang membuat makalah dari dosennya. Cukup hitungan menit, kamu sudah punya bahan bacaan jurnal yang sangat melimpah. Selanjutnya kamu siap untuk menulis karya ilmiah.

Sengaja hanya menuliskan 5 situs saja, padahal masih banyak lagi, ini agar kamu lebih mudah saja untuk segera mengaksesnya. Dengan 5 portal ini saja, isinya sudah sangat lengkap. Persiapan kamu sesekali menulis untuk dimuat di jurnal ilmiah.

Apa perbedaan masing-masing 5 situs penyedia tulisan ilmiah ini?. Maka kita perlu mengulas satu persatunya. Yang jelas masing-masing situs ini memiliki perbedaan dan ciri khasnya tersendiri, apalagi tampilannya. Jika kamu ingin membuat semacam website yang lengkap menyajikan beragam tulisan terkait satu bidang, misalkan tentang traveling, maka pengetahuan ini sangat bermanfaat buat kamu.

  1. Portal Garuda

lipi

Terdapat 3000 jurnal Indonesia yang disertakan dalam database portal ini. Awalnya diprakarsai oleh Bagian Institut Lanjutan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan Indonesia (IAES) Indonesia. Indeks Publikasi Indonesia (IPI) dirancang untuk browsing, pengindeksan, abstrak, pemantauan dan peningkatan standar publikasi ilmiah di Indonesia.

Dengan sistem pengelolaan jurnal OJS (Open Journal System) membuka lembaga lain yang memiliki jurnal dapat terakses juga melalui portal ini. Caranya dengan mengisi form yang disediakan di web http://portalgaruda.org/?ref=about&mod=newsuggest.

Fasilitas utama yang disediakan dalam portal garuda IPI adalah :

  1. Pencarian; meliputi pencarian artikel, pencarian penulis, pencarian sumber (jurnal dan prosiding), pencarian penerbit
  2. Penelusuran; meliputi penelusuran sumber Penerbit, sumber Jurnal/Prosiding, penelusuran artikel
  3. Unduhan Sitasi; Fasilitas ini untuk memudahkan para pengunjung mengunduh metadata artikel yang disebut dengan sitasi dengan beberapa format seperti BibTex dan RIS (EndNote,Procite)
  4. Unduhan fulltext dalam format PDF; Para pengunjung bisa mengunduh fulltext dalam format PDF secara mudah.
  5. Laporan Jurnal (journal Report); Pengelola jurnal maupun bisa melihat laporan akses ke jurnal yang ada di IPI. Laporan meliputi jumlah paper yang dilihat oleh pengunjung, fulltext PDF yang didownload, dan laporan mengenai sebaran kota di seluruh dunia yang mengakses artikel jurnal tersebut. Dalam laporan juga menampilkan statistik artikel yang paling banyak diunduh.

2. Jurnal LIPI

ejurnal lipi

Portal ini langsung dikelola Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI). Berisi jurnal-jurnal dari beragam perguruan tinggi dibawah kementerian ristek dan pendidikan tinggi. Apabila kamu sudah masuk ke link nya, beragam tema-tema tulisan yang dapat diakses.

Fasilitas utama mulai dari pencarian, unduhan format PDF sampai panduan bagi penulis yang hendak mengirim tulisannya ke portal ini.

3. Moraref 

Portal akademik yang kedua ini diinisiasi oleh Kementrian Agama untuk mendorong dan membantu digitalisasi dan indeksasi jurnal ilmiah di lingkungan Perguruan Tinggi Islam. Dalam pengelolaannya oleh Asosiasi Pengelola Jurnal, Penerbit Universitas dan Lembaga Penelitian.

Tujuan portal ini mendorong dan membantu digitalisasi jurnal ilmiah yang diterbitkan lembaga-lembaga di bawah Perguruan Tinggi Islam baik negeri maupun swasta, memfasilitasi proses indeksasi artikel terbitan, dan menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk proses digitalisasi dan indeksasi. Sampai Maret 2018, MORAREF sudah berhasil menjaring 850 judul jurnal.

Fasilitas utama yang disediakan di situs Moraref

  1. Pencarian; meliputi pencarian artikel, jurnal, penulis dan penerbit
  2. Unduhan fulltext; para pengunjung mengunduh banyak artikel dengan format PDF secara mudah.
  3. Service; mengadakan pelatihan-pelatihan dalam mengelola jurnal di lingkungan perguruan tinggi Islam. Pelatihan bagi para penulis jurnal. Dan pelatihan Sistem Journal Online (OJS).
  4. Announcements; menginformasikan agenda-agenda kegiatan Call for Paper dan Workshop Kelola OJS.

4. Google Scholar

Satu lagi fasilitas dari Google untuk memudahkan mencari tulisan-tulisan ilmiah dari jurnal online dan publikasi ilmiah. Kamu cukup mengklik tema yang dicari, maka sudah tersedia banyak tulisan yang bisa kamu donwload secara gratis. Tidak hanya tersedia artikel, kamu juga bisa dapatkan file buku-buku. File yang tersedia berformat PDF. Selain mengunduh file, kamu juga bisa melinkkan tulisan ilmiah di blog yang kamu punya ke Google Scholar ini. Jadi tulisan ilmiah kamu masuk Google Scholar deh.

Fasilitas di Google Scholar;

  1. Cariberbagai sumber dari satu tempat yang praktis.
  2. Temukanmakalah, abstrak, dan kutipan.
  3. Telusurimakalah lengkap melalui perpustakaan atau web.
  4. Pelajarimakalah penting dalam bidang penelitian apapun.

5. Academia Edu

academia

Academia Edu adalah portal berbagi dan memfollow para penulis makalah di seluruh dunia. Terdapat 60.748.347 yang sudah bergabung di web ini. Untuk bisa mengaksesnya via akun Google, Facebook atau email yang kamu punya.

Jika kamu sudah masuk ke academia, secara otomatis kamu sudah punya akun di academia. Dengan akun ini kamu bisa mengupload tulisan-tulisan ilmiah yang kamu punya. Kamu juga bisa mendonwload tulisan-tulisan ilmiah secara bebas dan gratis. Format filenya bisa Word dan PDF.

Fasilitasnya penelurusan, donwload file, upload file, analitik perkembangan tulisan kamu, komentar, dan jika ingin lebih lagi fasilitasnya kamu bisa mengupgradenya menjadi Premium.

Jika ingin lebih mengetahui lagi tentang Academia, kamu bisa cek akun saya di https://fitk-uinjkt.academia.edu/YudhiFachrudin. Ada 15 file tulisan yang sudah saya upload. Ada satu tulisan dengan 53, 882 viewernya.

Jadi selanjutnya, silahkan cari bacaan-bacaan ilmiah yang kamu inginkan dengan mudahnya, dan selamat menulis jurnal ilmiah.

 

Iklan

47 respons untuk ‘Ini 5 Situs Penyedia Jurnal Ilmiah GRATIS

  1. dayuanggoro16 berkata:

    Bermanfaat banget Mas Yudi, aku biasanya cuma make yang nomor 4 buat referensi tugas kuliah. Luamayan ada tambahan referensi lagi buat nugas heheheh.

    Suka

  2. Iqbal berkata:

    Tapi kalau jurusan saya Biokimia, kayakny agak bakal cukup pakai 5 itu. Dulu pakai Science Direct, jurnalnya mahal2. Untung ada dosen yang langganan, bisa dapat gratis

    Suka

  3. Yunita Tresnawati berkata:

    Jurnal ilmiah, informatif sekali tulisannya. Kapan ya saya nulis yang ilmiah? -Bertanya pada diri sendiri. –

    Suka

  4. titi purwati berkata:

    Berbobot sekali tulisan ini, mantap Pak Yudi. Bisa jadinbahan referensi kalau saya nanti kuliah lagi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s